Translate

Minggu, 25 Januari 2015

contoh laporan ppl




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SMP Syurga.
Mata Pelajaran                          : Matematika
Kelas/Semester                         : VII/Satu
Materi Pokok                            : Bilangan
Sub Materi                                : Kelipatan dan faktor persekutuan.
Alokasi Waktu                          :  19 jam @ 40 menit 
Alokasi Waktu  pertemuan ke-6     :  2 jam @ 40 menit
v  Imtaq : Al-Qamar ayat 49, sesungguhnya Allah menciptakan Alam semesta dengan ukuran, begitupun dengan  faktor persekutuan dan kelipatan.
A.    Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi dan       gotong royong, santun dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosia dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi dasar
Indikator Pencapaian
2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisiten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah

2.2. Dengan teliti dapat menemukan kelipatan dan faktor persekutuan.
3.1. Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
  3.1. Siswa dapat menemukan kelipatan bilangan bulat positif
3.1. siswa dapat menemukan faktor persekutuan bilangan bulat positif.


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan proses belajar dengan menggunakan model PBL siswa diharapkan dapat:
1.      Menemukan kelipatan pada bilangan bulat dengan benar.
2.      Menemukan faktor persekutuan bilangan dengan benar.


D.    Materi Pembelajaran : Bilangan Bulat
a.      Kelipatan persekutuan
Bilangan 2, 4, 6, 8 , dan 10, disebut kelipatan sebagian dari bilangan 2, dan 1 , sedangkan 2 disebut kelipatan persekutuan terkecil dari keiptan 2, dan 1.
b.      Faktor persekutuan.
E.     Model, Pendekatan, Strategi
Model              : PBL.
Pendekatan     : Ilmiah (Saintifik)
Strategi            : Kooperatif (Berkelompok)

F.     Sumber Belajar
1.      Buku siswa halaman 38 
G.    Alat dan Media Pembelajaran
1.      Spidol.
2.      Papan tulis.
3.      Power point.
4.      Lembar kerja.
H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Penda-huluan
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita  tentang manfaat belajar kelipatan dan faktor persekutuan.
3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pembelajaran
4. Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab

5 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati pola bilangan yang ada di layar proyektor.
5 menit
 Menanya
1.      Setelah pengamatan ajukan pancingan agar siswa mau bertanya. Misal dengan ungkapan:
1)      Bagaimana anak-anak apa sudah melihat/mengamati demonstrasi tadi?
2)      Apa anak-anak sudah mencatat yang dilihat/diamati dari demonstrasi tadi?
3)      Sebutkan (tunjuk siswa untuk mencatat di papan tulis)
4)      Siswa diminta membuat pertayaan dari informasi/data yang ada di papan tulis dan dicatat di buku.
5 menit
Mencoba
1.      Membentuk kelompok dengan peserta 5 orang. (sikap kebersamaan)
2.      Dengan diskusi dan kerja kelompok diminta untuk menemukan kelipatan dan faktor persekutuan.


20 menit
 Menalar
1.      Membentuk kelompok dengan peserta 5 orang. (sikap kebersamaan)
2.      Dengan diskusi dan kerja kelompok diminta untuk menentukan konsep kelipatan bilangan bulat dengan tabel yang telah disediakan guru.
3.      Dengan diskusi dan kerja kelompok diminta untuk menentukan menetukan faktor persekutuan bilangan bulat yaitu pertama mendaftar faktor dari kedua  bilangan tersebut. Kemudian siswa memilih bilangan yang sama di antara kedua bilangan tersebut.
Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta dari perwakilan kelompok yaitu dengan menyebut nomor yang dipakainya.
2.      Siswa yang disebut nomornya diminta untuk mempresantikan hasil diskusi di papan tulis dan kelompok lain menanggapi.(bergantian)

20 menit
Penutup
Penutup
1.      Peserta didik mengerjakan soal sebagai bahan evaluasi, dan dikumpulkan.
2.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.      Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal tentang kelipatan  dan faktorisasi persekutuan  sebagai tugas rumah dan mempelajari materi berikutnya.
4.      Peserta didik bersama guru  mengucapkan hamdallah.
Kemudian Guru mengucap salam dan meninggalkan kelas tepat waktu.
20 menit

I.       Penilaian
1.      Sikap Sosial
a.       Teknik                         : Pengamatan
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Pengamatan + Rubrik
c.       Kisi-kisi
No
Sikap
Butir instrumen
1
Teliti
1 – 4

Lampiran 1

2.      Pengetahuan
a.       Teknik                         : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Uraian
c.       Kisi-kisi
No
Indikator
Butir instrumen
1
Menentukan hasil kelipatan dan persekutuan.
1-2

Lampiran 2
Semarang, 26 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                      Guru Praktik



Dedi Kurniawan, S.Pd                                                                                    Lia Fitriana                             
                                               
Lampiran

1.      Penilaian Sikap Teliti
Instrumen
No
Nama Siswa
Melakukan segala sesuatu dengan rinci.
Melakukan sesuatu dengan kehati-hatian
Skor Total
Skor Akhir
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Achmad Rozan Mazaya






7
SB
2
Adam Adira Naufal






7
SB
3
Annisa Nurizki






7
SB
4
Arvivo Fajrisqin Raharjo






4
C
5
Bryan Roderick






8
SB
6
D. Rafif Fauzia Prastyanto






7
SB
7
Dhiya Ulhaq






6
B
8
Erlangga Pramudya Pradana






7
SB
9
Faiha Irana Jatu Pramesti P. S






8
SB
10
Fathan Ghifar A






6
B
11
Fatih Rizqi Hakim






6
B
12
Hafizh Daffa Setiawan






6
B
13
Imam Arya Sujati Arifin






6
B
14
Inez Destina Nariswari








-
15
Jana Fedaa Hani Al-Nsour






8
SB
16
M. Hammam Fathi Yakan






6
B
17
M. Igo Alfalasani






6
B
18
Muna Aulida






7
SB
19
Qori Al Fattah






6
B
20
Raja Dewangga Al Dzaki






8
SB
21
Ramadhanesha Adhela S






7
SB
22
Resva Araminta Belvanora






7
SB
23
Rida Shafa Salsabila A. P






8
SB
24
Sangguardien Haq Anwari









-
25
Sedaynanda Mey Rachela






8
SB
26
Septian Agung Permana






8
SB
27
Syahlla Muthi H






8
SB
28
Wasrotya Farras Syamhapsari






8
SB
29
Zhafira Azfa Yudhanty






8
SB

Kreteria         :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)

2.      Penilaian Pengetahuan (lembar evaluasi kelompok)
a.       Penilaian pengetahuan kelompok .
1.Tentukan kelipatan bilangan bulat menggunakan tabel dibawah ini.

a
1
1









2

4








3



12






4










5










a.Tentukan  kelipatan dari bilangan 2 dan 3....
b.tentukan kelipatan dari bilangan 3 dan 4....
c.tentukan kelipatan dari bilangan 2 dan 5 ,...
2.         - Tentukan faktor persekutuan dari bilangan 4, dan 6...
- tentukan faktor persekutuan antara 8, dan 12,...
Pedoman penilaian dan penskoran
Soal
Jawaban
Skor
1.a.Tentukan  kelipatan dari bilangan 2 dan 3....
b.tentukan kelipatan dari bilangan 3 dan 4....
c.tentukan kelipatan dari bilangan 2 dan 5 ,...
2. a Tentukan faktor persekutuan dari bilangan 4, dan 6...
-btentukan faktor persekutuan antara 12, dan 8,...

1.      a.6,12,18 b. 12, 24,c.10,20





2.      a.4= 1,2,4
6=1,2,3,dan 6
Jadi faktor persekutuannya adalah 2
b 12= 1,2,3,4,6,dan 12
8= 1,2,4,8
Jadi faktor persekutuannya adalah 1,2,dan 4
20
20
20




25







25






b.      Penilaian Pengetahuan (lembar evaluasi siswa)
1.      Tentukan Kelipatan  dan faktor persekutuan  dari bilangan-bilangan di bawah ini  :
a.       4, 6, dan 8
b.      4,8, dan 12
2.      Pak Amin mempunyai 6 ekor ayam ,10 ekor itik , dan 12 angsa. Pak Amin akan memasukkan ternak ini kedalam beberapa kandang dengan jumlah yang sama. Berapa kandang yang harus di buat pak Amin?
3.      Rina , Rini, dan Reni bekerja di percetakan. Setiap 10 menit Rina minum segelas air . Rina minum air setiap 15 menit dan Reni setiap 20 menit. Jika mereka minum bersama-sama pada jam 08.00, jam berapakah mereka akan minum bersama lagi.
Pedoman penilaian dan penskoran
Soal
Jawaban
Skor
1).Tentukan kelipatan dan faktor persukutuan   dari bilangan-bilangan di bawah inir :
a.        4, 6, dan 8
b.      4,8, dan 12

2.)Pak Amin mempunyai 6 ekor ayam ,10 ekor itik , dan  12  angsa. Pak Amin akan memasukkan ternak ini kedalam beberapa kandang dengan jumlah yang sama. Berapa kandang yang harus di buat pak Amin?

3) Rina , Rini, dan Reni bekerja di percetakan. Setiap 10 menit Rina minum segelas air . Rina minum air setiap 15 menit dan Reni setiap 20 menit. Jika mereka minum bersama-sama pada jam 08.00, jam berapakah mereka akan minum bersama lagi.


1.a. Kelipatannya adalah 24,dan 48, dan Faktorisasi persekutuannya adalah 2
b.kelipatannya adalah 12,24,dan 48
faktorisasinya adalah 2

2.jawabannya adalah 2 kandang







3.jam 09.00












25
25




25







25




Nilai = Jumlah Skor







Tidak ada komentar:

Posting Komentar